Jumat, 23 Oktober 2020

Berikut Cara Meningkatkan Bisnis E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi covid yang terjadi di indonesia sangat berdampak pada pertumbuhan E-Commerce yang cukup signifikan. Kebijakan pemerintah tentang adanya pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) dan rasa khawatir masyarakat terhadap resiko tertularnya Covid-19 membuat transaksi secara online menjadi lebih banyak diminati..

E-comerce menjadi pilihan yang sangat tepat dalam memenuhi kebutuhan hidup secara digital. pandemi telah memaksa pelaku usaha untuk mengubah strateginya demi bertahan, salah satunya melalui peralihan ke media digital. Perilaku berbelanja secara online sudah menjadi kebiasaan banyak orang terutama di tengaj kondisi pandemik saat ini.

Pandemik covid-19 mengakibatkan perubahan perilaku dalam memenuhi kebutuhan hidup dan menjalankan aktivitasnya, serta merubah gaya hidup menjadi social distancing, physical distancing dan work from home.

Baca juga: Ini Dia Tips Jitu Memaksimalkan Usaha Jual pulsa Dirumah Untung Berkali-kali Piat

Perubahan ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang dan ide bisnis dimasa pandemi seperti saat ini. Pertumbuhan pemesanan E-comerce yang semakin pesat terjadi tepatnya pada bulan Maret 2020 yaitu pada awal maraknya virus covid-19 beredar.

Peningkatan pengguna E-comerce ini terjadi karena 90% pengguna internet di indonesia melakukan transaksi atau belanja secara online.

Saat ini banyak sekali platform E-comerce besar di indonesia seperti tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lainnya. Dengan adanya beragam platform E-commerce yang tersedia maka akan mempermudah dan memperluas peluang pemasaran digital di indonesia.

Dimana di indonesia saat ini menduduki peringkat pertama negara pertumbuhan E-comerce tertinggi di asia. Dengan kondisi seperti ini menujukan bahwa peluang bisnis melalui media digital memiliki nilai Ekonomi tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memajukan usahanya.

Sebelum masa pandemi, E-commerce hanya sebuah pilihan karena konsumen masih mudah untuk berbelanja secara langsung, namun saat ini penting sekali bagi pelaku usaha untuk menjual produknya melalui platform E-commerce supaya dapat mempertahankan bisnisnya.

Penjualan secara online dapat dijadikan sebagai palung bisnis di masa pandemi karena dilihat dari perkembangan E-Commerce yang semakin pesat dan market penjualan yang dapat mencakup seluruh wilayah indonesia bahkan mancanegara.

Indonesia mempunyai potensi ekonomi digital yang sangat besar. Hal ini didukung karena jumlah penduduk indonesia tertintti keempat didunia serta struktur demografi indonesia yang didominasi oleh generasi milenial yang mengerti tentang dunia digital. Selain itu, kemudahan berbisnis online sangat mudah dijalankan karena hanya dengan menggunakan modal gadget dan koneksi internet yang memadai saja.

Baca juga: Beginilah Dampak Covid-19 Pada Pembisnis UKM Di Indonesia

Pesatnya pertumbuhan penjualaln online membuat pelaku usaha berlomba-lomba untuk bersaing dengan brand lainnya. untuk dapat bersaing dengan branlaunnya pelaku usaha harus bisa memahami kebutuhan konsumen dan perilaku pasar yang sedang terjadi saat ini. 

Hal ini dapat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan produknya, mengelola bisnisnya serta memaksimalkan penjualannya.

Penjualan melalui platform E-Commerce akan memberikan manfaat untuk jangka panjang karena konsumen akan terbiasa berbelanja secara online. Jadi, potensi serta peluang dari pasar E-Commerce di indonesia sangat besar sekali dan alangkah baiknnya kalau kita dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Nah itu dia cara meningkatkan Bisnis di masa pandemik. Semoga membantu menumbuhkan bisnis temen2 semuanya. Terima kasih

Bagikan ke FACEBOOK

TerkaitBerikut Cara Meningkatkan Bisnis E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19

0 komentar:

Posting Komentar